Karakteristik Inovasi Pendidikan

Menurut Everett M Rogers (1993:14-16), karakteristik dari inovasi terdiri dari 5 karakteristik, diantaranya:
  1. Keunggulan Relatif (Relative Advantage), merupakan drajat dimana suatu inovasi dianggap lebih baik/unggul dari sebelumnya.
  2. Kompabilitas (Compability), merupakan drajat dimana inovasi tersebut dianggap konsisten dengan nilai-nilai yang berlaku, pengalaman masa lalu dan kebutuhan pengadopsi.
  3. Kerumitan (Complexity), merupakan drajat dimana inovasi dianggap sesuatu yang sulit untuk dipahami dan digunakan.
  4. Kemampuan untuk di uji-cobakan (Trial Ability), merupakan drajat dimana suatu inovasi dapat di uji-cobakan dalam batas tertentu.
  5. Kemampuan untuk diamati (Observability, merupakan drajat dimana suatu inovasi dapat terlihat oleh orang lain.

Berdasarkan pemaparan oleh Everett M Rogers diatas dapat disimpulkan bahwa semakin besar keunggulan relatif, kompabilitas, kemampuan untuk diuji-cobakan dan kemampuan untuk diamati serta semakin kecilnya kerumitan, maka semakin capat inovasi tersebut dapat di adopsi.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Kelompok 1

  • Firmansyah Nugraha

  • Rangga Satriana

  • Kalsita Widya

  • Irim Djuanda

  • Niko A Pratama

  • Iqbal Zakaria

  • Mohon Berikan Penilaian Terhadap Blog in

%d bloggers like this: