E-Portopolio

A. Pengertian

Portofolio adalah koleksi yang sangat berguna tentang upaya,kemajuan, dan kemampuan siswa dalam jangka waktu tertentu (Cherian & Mau, 2003). Sebuah portofolio adalah koleksi multidimensi dari infomasi yang dikumpulkan, yang memungkinkan guru dan siswa mengkonstruksi gambaran terorganisasi, proses, dan deskriptif tentang pembelajaran siswa (Farr, dalam Duffy et al, 1999).

B. Jenis Portofolio

  1. Portofolio Semua Hal (The Everything Portfolio), Portofolio semua hal (atau portofolio perkembangan) merupakan suatu kumpulan karya siswa melintasi berbagai variasi siswa, kelas, semester, atau tahun.
  2. Portofolio Produk (The Product Portfolio), di dalam portofolio produk, guru menyediakan daftar isi suatu topik atau produk.
  3. Portofolio “Pameran” (The Showcase Portfolio), di dalam portofolio “pameran” atau protofolio contoh, guru menyediakan daftar isi suatu topik, dan siswa mengevaluasi elemen-elemen untuk portofolionya dan memberikan alasan rasional untuk tiap seleksinya. Siswa diingatkan untuk tidak sekedar memasukkan karya yang dinilai baik oleh guru, akan tetapi harus pula mempertimbangkan audien dan tujuan portofolio itu.
  4. Portofolio Tujuan (The Objective Portfolio), tingkat terakhir adalah portofolio tujuan. Di dalam portofolio jenis ini, guru merumuskan daftar tujuan atau pernyataan tentang kualitas kinerja. Siswa menyeleksi dari kumpulan portofolio elektronik, selanjutnya disingkat e-portofolio, adalah koleksi digital artifakartifak yang merepresentasikan indivisual, kelompok, komunitas, organisasi, atau institusi (Lorenzo & Ittelson, 2005). Koleksi ini dapat diletakkan pada media cakram padat (CD atau DVD) maupun web. e-portofolio merupakan koleksi berbasis web dan bersifat personal dari kerja, tanggapan terhadap kerja, dan merefleksikan penggunaan keterampilan kunci dan prestasi untuk berbagai konteks dan periode.

Kekuatan e-portofolio, menurut Beetham (dalam Orsini-Jones dan De, 2007) adalah:

  • Sistem berbasis kertas tidak dapat mengakomodasi peningkatan jangkauan asesmen dan tidak fleksibel.
  • Pada saat ini umumnya perguruan tinggi telah memanfaatkan eLearning secara ekstensif.
  • E-Portofolio dengan mudah mempublikasikan dalam bentuk web dan secara profesional dapat ‘dilihat dan dirasakan’.
  • E-portofolio merupakan platform yang dapat digunakan untuk lintas keseluruhan kurikulum.
  • E-portofolio umumnya dirancang untuk mendukung Perencanaan Pengembangan Personal dan meningkatkan praktik keterampilan reflektif dan mandiri (kunci sukses di dalam dunia akademik dan profesional).
  • E-portofolio berpusat pada pengguna, yakni pebelajar yang memiliki pilihan terhadap siapa yang ‘dimungkinkan’ masuk ke dalam lingkungannya.
  • E-portofolio memungkinkan adanya sharing dengan sejumlah antar-muka (interface).
  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Kelompok 1

  • Firmansyah Nugraha

  • Rangga Satriana

  • Kalsita Widya

  • Irim Djuanda

  • Niko A Pratama

  • Iqbal Zakaria

  • Mohon Berikan Penilaian Terhadap Blog in

%d bloggers like this: